Kawassan Wisata Minat Khusus

“TANJUNG PUTING”

            Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi dengan ibukotanya Palangkaraya, dan mempunyai banyak sekali objek wisata antara lain wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata minat khusus, wisata kuliner, wisata olahraga, wisata belanja. Nah dari sekian banyak objek wisata Kalimantan Tengah yang sangat terkenal yaitu Wisata Minat Khusus Taman Nasional Tanjung Puting di Camp Leakey untuk mengamati orang utan, Wisata Tanjung Puting ini dikatakan minat khusus karena tidak semua orang  bisa dan berani  mengunjunginya dan bertemu langsung dengan orang utan.

            Taman Nasional Tanjung Puting merupakan lokasi pusat rehabilitas orangutan (Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Leakey) serta pengamatan flora dan fauna khususnya Bakatan (Natai Lengkuas, sungai buluh dan danau burung. Orang utan kalimantan mempunyai bulu kemerah-merahan gelap dan tidak memiliki ekor. Sejalan dengan pertumbuhan usianya, jantan dewasa mengembangkan pipinya hingga membentuk bantalan. Semakin tua, bantalan pipinya semakin besar sehingga wajahnya terkesan seram.

            Selain itu Tanjung Puting  merupakan konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi diperkirakan 30.000 sampai 40.000 orangutan yang tersebar ditaman nasional dan juga di luar taman nasional ini. Dan juga Tanjung Puting merupakan cagar biosfer yang ditunjuk pada tahun 1977 dengan area inti Tanjung Puting seluas 415.040 ha yang ditetakan pada tahun 1982.

Komentar